Pemilu

PPP Tidak Lolos Ke Parlemen, Bagaimana Nasib Hj Illiza Sa’aduddin Djamal?

143
×

PPP Tidak Lolos Ke Parlemen, Bagaimana Nasib Hj Illiza Sa’aduddin Djamal?

Sebarkan artikel ini
PPP Tidak Lolos Ke Parlemen, Bagaimana Nasib Hj Illiza Sa’aduddin Djamal?
PPP Tidak Lolos Ke Parlemen, Bagaimana Nasib Hj Illiza Sa’aduddin Djamal?

LINEAR.CO.ID | BANDA ACEH – Berdasarkan hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dinyakatan tidak lolos ke parlemen pada pemilu 2024.

Hal ini diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat nasional yang dilakukan KPU RI terhadap perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah luar negeri pada Rabu malam.

Dari hasil itu, PPP mendapatkan 5.878.777 suara dari total 84 daerah pemilihan (dapil). Dibandingkan dengan jumlah suara sah Pileg DPR RI 2024 di yang mencapai 151.796.630 suara, PPP hanya meraup 3,87 persen suara.

Mengacu pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, partai politik yang gagal meraup sedikitnya 4 persen suara sah nasional tidak dapat mengonversi suaranya menjadi kursi di Senayan.

Namun begitu, di atas kertas, boleh jadi masih ada peluang untuk partai politik yang sempat terbelah dualisme kepengurusan itu untuk membalikkan keadaan.

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau Awiek mengaku terkejut melihat hasil perolehan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 yang membuat PPP belum mampu melampaui ambang batas parlemen.

Adapun suara partai berlambang kabah ini pada Pileg 2024 mencapai angka 3,87 persen suara. Angka itu masih berada di bawah ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

“Tentu kami terkejut dengan hasil rekapitulasi secara bertentangan karena tidak sesuai, berbeda dengan data internal kami,” kata Awiek di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Salah satu caleg DPR-RI dari Aceh yang berhasil meraih kursi DPR-RI Hj Illiza Sa’aduddin Djamal yang meraih suara 137.835 menyampaikan rasa kesedihan yang mendalam

“Tentu ini sangat menyedihkan bahkan mengecewakan kita semua. Kami memahami rasa kesedihan dan kekecewaan teman-teman semuanya.
Namun itu semua diluar kendali kita, karena persoalan tersebut menjadi ranah DPP PPP,” sebut Illiza melalui pesan singkatnya, Rabu, 20 Maret 2024.

“Kenyataan pahit ini harus kita terima secara ikhlas, semoga dibalik semua ini akan ada jalan terbaik yang akan Allah SWT bukakan bagi kita semua,” kata Illiza dilansir Aceh Info

Illiza menyampaikan, bahwa perjuangan ini belumlah usai, banyak hal yang mungkin kita bisa lakukan dimasa depan. Mari kita terus merawat kebersamaan, kekompakan dan persaudaraan yang telah terbina selama ini.

Dengan hati yang tulus, kami menghaturkan terima kasih yan tak terhingga kepada rekan, sahabat, tim dan relawan semuanya atas bantuan, dukungan dan kerja kerasnya selama ini dalam perjuangan pemenangan pemilu 2024. Semoga setiap usaha rekan-rekan menjadi catatan amal dari Allah SWT.

“Kami tidak akan melupakan setiap kebaikan yang telah rekan-rekan persembahkan dalam perjuangan ini, semoga kita terus dapat bersama-sama dalam momentum lainnya di masa yang akan datang. Semoga Allah SWT selalu memberikan jalan terbaik bagi kita semua,” harap Illiza.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *