Banda AcehPemilu

Haji Uma Raih 1 Juta Suara, Ini Tiga Wajah Baru DPD dari Aceh

266
×

Haji Uma Raih 1 Juta Suara, Ini Tiga Wajah Baru DPD dari Aceh

Sebarkan artikel ini
Haji Uma Raih 1 Juta Suara, Ini Tiga Pendatang Baru DPD dari Aceh
Haji Uma Raih 1 Juta Suara, Ini Tiga Pendatang Baru DPD dari Aceh

LINEAR.CO.ID | BANDA ACEH – Dari hasil pleno KIP Aceh terdapat 3 wajah baru DPD dari Aceh, H.Sudirman akrap dikenal Haji Uma masih bertahan dengan perolehan suara terbanyak  untuk calon DPD di Provinsi Aceh.

Perolehan suara Haji Uma diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan suara dilakukan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dalam rapat pleno di Asrama Haji, Banda Aceh. Ketua KIP Aceh Saiful mengesahkan hasil akhir perolehan suara DPD pada Rabu (13/3/2024) dinihari sekitar pukul 00.15 WIB.

Untuk Aceh, terdapat empat kursi DPD. Dari empat calon peraih suara tertinggi, hanya Haji Uma petahana. Tiga lainnya merupakan Wajah Baru DPD namun sudah berpengalaman di legislatif.

 

Ketiganya adalah Tgk Ahmada mantan anggota DPRK Aceh Besar, Darwati A Gani anggota DPR Aceh dan Azhari Cage mantan anggota DPR Aceh. Selisih suara ketiganya dengan Haji Uma sangat jauh.

Berikut perolehan suara tertinggi DPD berdasarkan hasil pleno KIP Aceh:

1. Sudirman Haji Uma: 1.060.991
2. Tgk Ahmada: 207.464
3. Darwati A Gani: 184.528
4. Azhari Cage: 150.934

KIP Aceh juga menjelaskan suara sah, tidak sah dan keseluruhannya. Berikut rinciannya:

1. Suara Sah: 2.942.946
2. Suara tidak sah: 338.279
3. Suara keseluruhan: 3.281.225

Diketahui, rapat pleno rekapitulasi digelar KIP Aceh digelar sejak 5 Maret lalu. Perolehan suara DPD terakhir dibacakan disebabkan sebelumnya ada rekomendasi dari Panwaslih untuk melakukan rekapitulasi ulang suara di Kabupaten Pidie.

Rekapitulasi ulang itu karena adanya dugaan penggelembungan suara untuk salah satu calon senator. Setelah dilakukan perbaikan, baru kemudian ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *