EkonomiNasional

Pantau Arus Balik di Garut, Ridwan Kamil: Ekonomi Pelintasan Mengalami Kenaikan

168
×

Pantau Arus Balik di Garut, Ridwan Kamil: Ekonomi Pelintasan Mengalami Kenaikan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Jabar Ridwan Kamil melakukan pantauan arus balik lebaran di Pos Jaga Gabungan Limbangan Kabupaten Garut, Jumat (6/5/2022).(DOK. Humas Pemprov Jabar)

Linear.co.id, Jawa Barat – Gubernur Jawa Barat ( Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, ekonomi pelintasan di wilayahnya mengalami peningkatan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.

“Alhamdulillah dalam kepadatan arus mudik dan balik Lebaran ini, ekonomi pelintasan mengalami kenaikan. Berkah mudik tidak hanya di kampung, tetapi di warung-warung pinggir jalan,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu dalam siaran persnya, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Filipina Kuasai Puncak Klasmen Grup A SEA Games 2022, Indonesia Keberapa?

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat singgah di sentra penjualan kerupuk kulit pinggir jalan, kawasan lingkar luar Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jumat (6/5/2022).

Pada kesempatan itu, Kang Emil sempat berbincang dengan salah satu pedagang dan pengunjung dari Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta yang singgah di lokasi tersebut.

“Dari penuturan mereka, penjualan meningkat selama mudik dan balik Lebaran. Ini terjadi setelah dua kali Lebaran (2020-2021), di mana mereka sepi pembeli,” ucapnya.

Kang Emil.melanjutkan bahwa para penjual mengaku dagangan mereka cukup laku meskipun peningkatan penjualannya tak sebanding seperti saat Lebaran sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga: Remisi Idul Fitri 1443 H, 675 Narapidana Langsung Bebas dan 138.557 Dapat Pengurangan Hukuman

Oleh karenanya, orang nomor satu se-Jabar ini berpesan kepada para pedagang agar tetap bersabar, ramah kepada pembeli, dan tidak kendur protokol kesehatan (prokes).

“Ramah kepada pembeli agar nyaman senang, dan yang penting tetap jaga protokol kesehatan supaya semua bisa mendapat berkah Lebaran, dan pandemi Covid-19 tetap terkendali,” imbuh Kang Emil.

Sumber: Kompas.com