Kesehatan

Kanker Kulit Melanoma (Tahi Lalat) Yang Jarang Diketahui

50
×

Kanker Kulit Melanoma (Tahi Lalat) Yang Jarang Diketahui

Sebarkan artikel ini

[ad_1]

Health.linear.co.id : Tahukah anda bahwa tahi lalat bisa termasuk kedalam jenis kanker kulit yang apabila di diamkan akan berefek bahaya bagi kesehatan. Tahi lalat yang seperti apa? lalu apa itu kanker kulit Melanoma? Apa gejalanya? dan Bagaimana mengobati nya?

Nah, Berikut admin paparkan penjelasan dari sumber terpercaya mengenai kanker kulit melanoma yang jarang kita ketahui.

Kanker kulit melanoma adalah kanker kulit yang berkembang dari melanosit. Selain di kulit, melanoma juga dapat muncul di mata. Bahkan, pada kasus yang jarang terjadi, melanoma bisa tumbuh di dalam hidung atau tenggorokan.

Melanosit adalah sel pigmen kulit yang berfungsi menghasilkan melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan warna kulit manusia. Melanin inilah yang bekerja menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan.

kanker kulit melanoma, gejala, penyebab, cara mencegah, cara mengobati, alodokter

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang jarang terjadi, tetapi sangat berbahaya. Kanker ini dimulai dari kulit manusia dan dapat menyebar ke organ lain di dalam tubuh jika terlambat ditangani.

Jenis Kanker Kulit Melanoma

Kanker kulit melanoma dibagi ke dalam empat jenis, yaitu:

1. Superficial spreading melanoma

Superficial spreading melanoma umumnya tumbuh dengan melebar di permukaan kulit, tetapi lama-kelamaan bisa berkembang ke bagian dalam kulit. Melanoma ini lebih sering muncul di punggung bagian atas dan kaki.

2. Lentigo maligna melanoma

Lentigo maligna melanoma biasanya muncul di bagian yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah dan tangan, dengan pola pertumbuhan seperti superficial spreading melanoma. Melanoma jenis ini sering menyerang orang lanjut usia.

3. Nodular melanoma

Nodular melanoma merupakan jenis melanoma yang paling agresif dan bisa tumbuh dengan cepat ke bawah kulit jika tidak segera diangkat. Melanoma jenis ini biasanya berupa benjolan berwarna biru-hitam atau kemerahan yang tumbuh di badan, tungkai, atau kulit kepala.

4. Acral lentiginous melanoma

Acral lentiginous melanoma adalah jenis melanoma yang jarang terjadi dan biasanya tumbuh di telapak tangan, telapak kaki, atau di sekitar kuku. Melanoma ini sering kali muncul pada orang berkulit gelap.

Gejala Kanker Kulit Melanoma


Melanoma ditandai dengan kemunculan tahi lalat baru atau adanya perubahan pada tahi lalat lama. Perubahan ini bisa mencakup bentuk dan warna tahi lalat. Selain itu, tahi lalat yang terserang melanoma bisa terasa gatal dan mengalami perdarahan.

Melanoma yang muncul di lokasi yang tidak biasa, seperti mata atau kuku, dapat memunculkan keluhan lain, berupa:

  • Penglihatan kabur, floaters, atau titik hitam di bagian putih mata
  • Bagian bawah kuku menghitam tanpa sebab

Pengobatan dan Pencegahan Kanker Kulit Melanoma

Metode utama untuk mengatasi kanker kulit melanoma adalah operasi. Namun, jika diperlukan, dokter bisa melakukan tindakan lain, seperti kemoterapi atau radioterapi.

Risiko terkena melanoma bisa diturunkan dengan menghindari paparan sinar UV secara langsung, baik yang alami maupun buatan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tabir surya dan mengenakan pakaian lengkap yang dapat melindungi seluruh tubuh saat beraktivitas di luar rumah.

Demikian penjelasan mengenai kanker kulit melanoma atau yang sering kita sebut tahi lalat yang bentuk nya berbeda dari biasanya. Semoga bermanfaat.

[ad_2]

LINEAR HEALTH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *