BeritaKesehatan

Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

208
×

Ini 7 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Tahan Lapar (MaleWatch)

LINEAR.CO.ID | Puasa yang sehat merupakan hal penting karena tidak hanya membantu menahan lapar dan dahaga, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan maksimal. Puasa dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah yang normal, meningkatkan kesehatan jantung, fungsi otak, dan mencegah penuaan dini serta menjaga kesehatan mental.

Agar tetap sehat selama puasa, kamu perlu mengadaptasi pola hidup baru dan melakukan perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa tips puasa sehat yang bisa kamu lakukan:

1. Sahur Pastikan kamu tidak melewatkan sahur dan pilihlah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks, seperti telur, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, beras merah, roti gandum, dan oatmeal. Lengkapi juga menu makananmu dengan lemak sehat, seperti alpukat, ikan salmon, atau minyak zaitun dan susu rendah lemak. Konsumsilah makanan yang kandungan air tinggi, seperti semangka, stroberi, dan blewah untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh.

Baca Juga: Harga Daging Meugang di Aceh Utara Capai 180 Ribu Perkilo

2.Konsumsi air yang cukup Pastikan kamu minum air putih yang cukup, yaitu 2-3 liter atau sekitar 8 gelas sehari. Minumlah air putih di waktu sahur dan berbuka dan hindari minuman yang dapat memicu dehidrasi, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.

3. Buka puasa dengan makanan bernutrisi Makan tiga kurma dapat membantu mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Setelah berbuka, konsumsilah makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral, seperti daging ayam atau sapi, ikan, sayuran yang ditumis, telur, buncis, kacang polong, almond, dan nasi merah. Pilihlah daging tanpa lemak dan olah dengan cara dipanggang atau direbus.

4. Makan dengan porsi yang tepat Hindari makan dalam jumlah yang berlebihan saat sahur atau berbuka karena dapat menyebabkan perut kembung, kelelahan, dan kenaikan berat badan.

Baca Juga: Meugang Sebuah Tradisi Religi yang Penuh Kebersamaan

5. Rutin berolahraga Tetaplah rutin berolahraga dengan intensitas rendah atau sedang seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda santai selama 30 menit setiap sore hari. Hindari berolahraga di siang hari untuk menghindari risiko dehidrasi.

6. Buat jadwal tidur yang baik Tidurlah di waktu yang sama dan usahakan tidur tidak kurang dari 4 jam pada malam hari. Sempatkan juga tidur siang maksimal selama 20 menit.

7. Jaga silaturahmi dengan orang terdekat Tetaplah terhubung dengan orang lain agar dapat membantu menjaga kesehatan mental selama puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *