RELIGI

Lebih Baik Daripada Seribu Bulan, Inilah Keutamaan Malam Lailatul Qadar

37
×

Lebih Baik Daripada Seribu Bulan, Inilah Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Sebarkan artikel ini
Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi Malam Lailatul Qadar

LINEAR.CO.ID Malam Lailatul Qadar adalah salah satu malam paling istimewa dalam agama Islam. Malam ini terjadi di bulan Ramadan, tepatnya pada salah satu malam ganjil terakhir dalam 10 malam terakhir Ramadan. Keutamaan malam Lailatul Qadr sangatlah besar, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah beberapa keutamaan Malam Lailatul Qadr yang telah dirangkum linear.co.id:

1.Malam yang Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar memiliki keistimewaan yang luar biasa, di antaranya karena nilainya lebih baik dari seribu bulan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Qadr (97): “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

2.Malam Penuh Rahmat dan Keberkahan

Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan rahmat dan keberkahan. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berdiri (shalat) di malam Lailatul Qadr karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari & Muslim)

3.Waktu yang Diterima Doanya

Malam Lailatul Qadar juga merupakan waktu yang sangat diterima doanya oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Di dalam bulan Ramadan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari kebaikan pada malam itu, maka sesungguhnya dia telah terhalang dari kebaikan yang sangat banyak.” (HR. Ahmad)

4.Malam yang Dipilih Allah untuk Menurunkan Al-Qur’an

Malam ini dipilih oleh Allah SWT sebagai malam untuk menurunkan Al-Qur’an, kitab suci umat Islam. Hal ini menunjukkan keagungan malam tersebut dan pentingnya meraih keberkahan dalam menjalankan ibadah di malam tersebut.

5.Pahala Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Selain shalat, Rasulullah SAW juga memberikan contoh dengan melakukan ibadah lainnya di malam ini seperti berzikir, berdoa, dan membaca Al-Qur’an. Dengan mengikuti sunnah Rasulullah SAW, kita juga akan mendapatkan pahala yang besar di malam yang mulia ini.

Malam yang penuh rahmat ini adalah kesempatan yang sangat istimewa bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan meraih berkah serta rahmat-Nya. Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan malam ini dengan sebaik-baiknya, beribadah dengan sungguh-sungguh, serta memperbanyak amal shaleh agar kita dapat meraih keutamaan dan keberkahan dari malam yang penuh kemuliaan ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *