Google
Berita

Hari Pertama Kerja Pj Bupati Abdya Tabur Bunga di Makam Tengku Peukan

112
×

Hari Pertama Kerja Pj Bupati Abdya Tabur Bunga di Makam Tengku Peukan

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Aceh Barat Daya
Hari Pertama Kerja Pj Bupati Abdya Tabur Bunga di Makam Tengku Peukan

LINEAR.CO.ID | ACEH BARAT DAYA– Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah menziarahi makam pahlawan Tengku Peukan yang berlokasi di Kompleks Masjid Jamik Baitul Adhim Kecamatan Blangpidie. Selasa (16/8/2022)

Kegiatan tabur bunga di pusara pejuang asal Kecamatan Manggeng Raya itu juga diikuti oleh Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH, Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi, Kajari Abdya Heru Widjadmiko SH MH, Kepala PN Blangpidie Zulkarnain SH MH, Ketua MPU Tgk M Dahlan, Sekda Abdya Salman Alfarisi ST, dan unsur terkait lainnya.

Perdana bertugas Pj Bupati Aceh Barat Daya di Kabupaten Abdya, Darmansah langsung memimpin apel ziara makam pahlawan dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77.

Secara singkat, Pj Bupati Darmansah mengatakan, ziarah makam pahlawan ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan khasanah bangsa. Selain itu dia juga mengajak generasi muda untuk lebih mencintai, memuliakan, dan meneladani para pahlawan yang sudah berjasa dalam memerdekakan negara Republik Indonesia.

“Kegiatan ziarah ke makam pahlawan ini merupakan rangkaian dari HUT RI ke-77. Ziarah ini juga sebagai bentuk kecintaan kita terhadap para pahlawan yang sudah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan tanah air kita. Mari kita berjuang bersama untuk membangun negeri,” ujarnya.

Dikatakan, nilai-nilai perjuangan dan semangat juang para pahlawan agar dapat diteladani. Apalagi sikap kepahlawanan dan jiwa patriotisme para pahlawan yang mengandung nilai-nilai keberanian, kebenaran, cinta tanah air, rela berkorban, ketegasan, tanggung jawab, dan pantang menyerah.

Nilai-nilai inilah yang harus tertanam dalam jiwa generasi muda Abdya. Generasi muda harus mendapatkan akses terkait sejarah kepahlawanan tanah air, sehingga mereka tidak mendapatkan informasi kepahlawanan dari luar. Sebab sangat banyak nilai-nilai kepahlawanan tanah air yang harus diteladani.

“Intinya kami mengajak generasi muda untuk mencintai pahlawan, sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana para pahlawan terdahulu berjuang dalam memerdekakan negara yang kita cintai ini,” ujar Darmansah.

Lebih lanjut dikatakan, nilai-nilai kepahlawanan ini juga diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya menyebutkan, semangat juang dan keteladanan para pahlawan harus dikenang disetiap saat.

“Memuliakan dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah mendahului kita sangat penting. Mudah-mudahan nilai-nilai ini bisa menginspirasi seluruhkita semua,” demikian imbuhnya.

Usai memimpin apel di makam Tengku Peukan, Pj Bupati Abdya Darmansah langsung berjalan kaki menuju kompleks pasar Blangpidie untuk bersilaturahmi dengan para pedagang disana pasca resmi dilantik menjadi Pj Bupati Abdya oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki pada Senin (15/8) kemaren di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.