Nasional

Pemerintah Sudah Lakukan Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet Sejak Awal

162
×

Pemerintah Sudah Lakukan Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet Sejak Awal

Sebarkan artikel ini
Pencegahan
Wapres Ma'ruf Amin Sebut Pemerintah Sudah Lakukan Pencegahan Penyebaran Cacar Monyet Sejak Awal

LINEAR.CO.ID | JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan pemerintah siap melakukan pencegahan menyebarnya cacar monyet di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi ujung tombak langkah tersebut.

“Saya kira kementerian kesehatan sudah siap melakukan pencegahan,” ujar Wapres di Jakarta, Senin, 22 Agustus 2022.

Melansir dari MEDCOM.ID, Wapres menegaskan pemerintah sudah melakukan pencegahan penyakit cacar monyet sedari awal, sejak munculnya cacar monyet di sejumlah negara.

“Tapi baru terdeteksi hari ini ternyata sudah masuk, maka pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan langkah-langkah pencegahan,” jelasnya.

Seorang pria asal Jakarta berusia 27 Tahun terinveksi penyakit cacar monyet, sekaligus ini merupakan kasus pertama yang yang ditemui di indonesia, diketahui pria tersebut punya riwayat perjalanan ke luar negeri.

“Pasien ini kontak langsung pada orang tempat ia bepergian kemarin,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, seperti dikutip Senin (22/8/2022).

Namun dalam konferensi Pers, Syahril enggan menyebutkan negara yang dikunjungi oleh pria yang tertular penyakit tersebut.

Waspada Cacar Monyet Sudah Masuk Indonesia, Ini Gejalanya

Cacar monyet sendiri adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

Virus ini menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus.

Virus juga dapat melewati plasenta dari ibu hamil ke janin. Virus cacar monyet dapat menyebar dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi

Kewaspadaan terhadap virus berbahaya ini harus diterapkan dan pastinya kenali gejala dari virus cacar monyet.

Gejala Cacar Monyet

-Sakit kepala
-Demam akut >38,5oC
-Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
-Nyeri otot/Myalgia
-Sakit punggung
-Asthenia (kelemahan tubuh)
-Lesi cacar (benjolan berisi air ataupun -nanah pada seluruh tubuh)

Dalam 1 sampai 3 hari (kadang-kadang lebih lama) setelah munculnya demam, penderita akan mengalami ruam, sering dimulai pada wajah kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Penyakit ini biasanya berlangsung selama 2−4 minggu. Di Afrika, Virus ini telah terbukti menyebabkan kematian pada 1 dari 10 orang yang terinfeksi penyakit tersebut.

WHO juga telah menetapkan cacar monyet sebagai keadaan darurat global. Dengan ditetapkannya penyakit ini sebagai keadaan darurat, ini artinya WHO sekarang memandang wabah itu sebagai ancaman yang cukup signifikan bagi kesehatan global.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *