Subulussalam

Ketua PWI Kota Subulussalam Jadi Anggota MCH di Arab Saudi

22
×

Ketua PWI Kota Subulussalam Jadi Anggota MCH di Arab Saudi

Sebarkan artikel ini

LINEAR.CO.ID | SUBULUSSALAM – Khalidin Umar Barat yang merupakan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Subulussalam lolos jadi anggota Media Center Haji (MCH) di Mekkah, Arab Saudi.

Hal tersebut, merupakan sebuah prestasi baginya. Wartawan Harian Serambi Indonesia/Tribunnews ini, terpilih sebagai salah satu anggota Media Center Haji (MCH) Tahun 2024.

Ketua PWI Kota Subulussalam ini, kini telah bertugas di Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah sejak Rabu (8/4/2024) lalu.

Pria kelahiran Tanah Tumbuh, 40 tahun silam itu berhasil mendapat amanah menjalankan tugas negara di Arab Saudi, setelah melalui sederet tahapan seleksi yang berlangsung sejak Januari-April 2024 lalu.

Dia salah satu dari 65-an wartawan se Indonesia berbagai media yang tergabung dalam misi melayani umat pada musim Haji di tanah suci Makkah Almukaramah.

Khalidin Umar Barat yang akan bertugas hingga dua bulan ke depan, mengaku terharu saat dia dinyatakan terpilih menjadi anggota Media Center Haji 2024.

Sebab, untuk mendapatkan kepercayaan ini dia harus melalui perjuangan yang tak ringan. Karena pendaftaran secara nasional dengan jumlah hampir 2000 pelamar dari kalangan wartawan tidak lah gampang.

Apalagi, dari hampir 2000 an pelamar anggota MCH Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024 hanya 65 an orang diterima.

Jika diakumulasikan untuk semua layanan, menurut Khalidin jumlah pelamar secara keseluruhan mencapai 30.000 orang.

Dari 30.000 pelamar petugas haji berbagai layanan termasuk untuk jurnalis kuota yang diterima hanya 890 orang.

Para pelamar berasal dari seluruh provinsi mengadu nasib di Kementerian Agama RI sebagai leading sector penerimaan petugas haji.

Namun tekad yang kuat ditambah semangat juang membuat Khalidin tak gentar untuk mengadu nasib di Ibu Kota Jakarta.

Selama empat bulan berjuang bolak balik Subulussalam, Aceh ke Jakarta, Khalidin pun akhirnya mendapat hasil sepadan sebagaimana kata istilah usaha tidak mekhianati hasil.

Tepat 1 Ramadhan 1445 Hijriah atau Selasa 12 April 2024 lalu Khalidin mendapat whatapp blast dari Kementerian Agama RI yang menyampaikan informasi jika dia berhasil lulus menjadi Petugas Media Center Haji 2024 dan dapat mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Terintegrasi di Jakarta.

Informasi itu tepat ketika Khalidin baru pulang dari masjid usai melaksanakan shalat zuhur. Kabar gembira ini membuat dia tak mampu menahan haru.

Setelah melalui tahapan lanjutan mulai bimtek, pemvisaan dan dan pemeriksaan kesehatan, Khalidin pun akhirnya berangkat menuju Jakarta pada Minggu 6 Mei 2024 untuk persiapan masuk Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur.

Selanjutnya, bersama ratusan petugas haji Indonesia lainnya, Khalidin berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Rabu (8/5/2024) siang.

Menurut Khalidin sebagai anggota Media Center Haji dia bersama tim lainnya bertugas untuk menyebarkan informasi postif terkait pelaksaan haji di Arab Saudi.

Informasi yang dapat membuat jamaah maupun keluarga di tanah air gembira bukan gundah gulana.

MCH akan menjadi ruang informasi bagi masyarakat Indonesia terkait sanak keluarganya yang sedang menjalankan ibadah haji.

Selain itu MCH juga berfungsi memberikan layanan informasi, petugas juga memberikan pelayanan kepada jemaah haji dengan memberikan layanan sepenuh hati.
Disamping menyajikan informasi yang menyejukkan. Jangan memberitakan hal-hal yang membuat resah jemaah haji.

“Melalui MCH jurnalis akan memberikan edukasi kepada jemaah melalui informasi dan tips yang membantu jemaah melaksanakan ibadah haji. Jika tidak membuat solusi jangan membuat suasana tidak kondusif,” ujar Khalidin.

Ia pun berharap agar tim nya dapat menorehkan kesuksesan terkait pemberitaan penyelenggaraan ibadah haji dalam memberikan informasi dan mengedukasi jemaah haji.

Bukan itu saja, MCH juga selalu siap membantu layanan yang lain, terutama jemaah yang tersesat, sakit dan kesulitan dalam melaksanakan ibadah.

Terpilihnya Khalidin menjadi salah satu anggota Media Center Haji di Arab Saudi ini bukan hanya prestasi bagi dia namun juga kebanggaan bagi Kota Subulussalam.

Selain itu, Khalidin memang sangat layak untuk karena merupakan wartawan senior di Kota Subulussalam.

Khalidin telah menjadi wartawan Serambi Indonesia sejak 19 tahun lalu dan tercatat sebagai Ketua PWI Kota Subulussalam sejak 2014 silam.

Selain itu, ayah empat anak ini juga merupakan editor di media Tribungayo.com hingga pernah menjadi Informan Ahli Dewan Pers RI tahun 2022-2023.

Kini Khalidin telah menjadi salah satu pelayan tamu Allah di Tanah Suci dalam layanan Media Center Haji.

Menjadi petugas haji tentu menjadi dambaan semua orang lantaran selain dapat bertugas melayani tamu Allah juga akan bisa melaksanakan haji.

Kepada wartawan, Khalidin yang merupakan alumni Pondok Pesantren Darussaadah kotafajar Aceh Selatan ini mengaku bahwa niat utama dirinya menjadi Jurnalis Petugas Haji semata-mata mengharap ridha Allah dan Syafaat Rasullullah.

Dia pun menyatakan bahwa tugas melayani tamu Allah merupakan misi utama sementara ibadah adalah bonus.

Khalidin berharap dengan karunia Allah dapat melaksanakan tugas sebaik mungkin dengan khidmat dan mendapat anugerah dari Allah untuk menyempurnakan rangkaian ibadah hajinya hingga meraih predikat mabrur.

Ke depannya, Khalidin berharap akan ada rekan seprofesinya dari Kota Subulussalam yang dapat mengikuti jejaknya menjadi anggota MCH.

Khalidin mendapat anugerah sebagai petugas haji karena selain mendapat kesempatan melayani tamu Allah, dia juga sekaligus melaksanakan ibadah haji. Ini tentunya karunia Allah yang luar biasa di mana bisa naik haji tanpa antri, tanpa biaya dan dibiayai pula. Masya Allah.

Selain itu, ini merupakan pertama kali wartawan Kota Subulussalam mampu melesat bertugas ke Luar Negeri untuk bertugas ke Luar Negeri.

Selamat kepada Sahabat kami Khalidin Umar Barat atas amanat menjalankan tugas negara sebagai anggota Media Center Haji PPIH Arab Saudi semoga segala dedikasi untuk bangsa negara dan umat muslim mendapat hadiah pahala dan haji mabrur serta ridha Allah dan syafaat Rasullah. (*)